Sumpah Pejabat Fungsional Agustus 2019

Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pejabat fungsional di lingkungan pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat pada hari Jumat tanggal 2 agustus 2019 di Aula Inspektorat Provinsi Kalimantan Barat.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pejabat fungsional ini adalah dalam rangka pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, yang mengamanatkan bahwa setiap Pegawai Negeri Sipil  yang diangkat menjadi pejabat fungsional, wajib dilantik dan diambil sumpah/janji, menurut agama atau kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam aspek penataan organisasi dalam reformasi birokrasi, saat ini dan kedepannya, pemerintah akan menerapkan konsep efisiensi dan efektifitas struktur organisasi yang mengarah pada “miskin struktur kaya fungsi”.

Oleh karenanya, sangat dimungkinkan bahwa nantinya keberadaan jabatan struktural hanya sebatas Jabatan Pimpinan Tinggi (eselon I, II) dan Jabatan Administrator (eselon III), sedangkan untuk Jabatan Pengawas (eselon IV) akan dihilangkan bertahap, dan lingkup pekerjaannya akan dialihkan kepada pejabat fungsional.

Berkenaan dengan itulah maka nantinya jabatan fungsional akan menjadi jabatan unggulan yang lebih diperhitungkan dan memiliki kelas tersendiri karena keahlian yang dimiliki.

Pada beberapa hal tertentu, mungkin sekarang jabatan fungsional sering ditafsirkan sebagai ’jabatan transit,’ sebelum mendapat kepercayaan dalam jabatan struktural. Selain itu, ada pula yang sebaliknya, dimana jabatan fungsional dianggap sebagai jabatan lanjutan, setelah tidak lagi menduduki jabatan struktural, yaitu untuk memanfaatkan sisa kemampuan/ pengabdian.

Namun apapun alasannya seseorang memilih karier dalam jabatan fungsional, perlu disadari bahwa jabatan tersebut harus dijalani dengan profesional dan penuh rasa tanggungjawab.

Lebih lanjut juga Wakil Gubernur Kalimantan Barat memberikan beberapa pesan diantaranya :

  1. Pelantikan ini merupakan janji dan komitmen Saudara untuk senantiasa menunjukkan integritas, loyalitas, displin dan selalu berkomitmen terhadap tugas dan tanggungjawab.
  2. Saudara harus terus meningkatkan kompetensi  untuk menunjang pelaksanaan tugas,  serta dapat mengembangkan ide baru yang lebih inovatif dalam pelaksanaan tugas.
  3. Saudara  harus terus mengembangkan pengetahuan, sehingga memiliki wawasan yang jauh kedepan, agar mampu mengembangkan terobosan yang positif, melalui pemikiran kreatif dan sistematik untuk kepentingan organisasi tempat saudara bertugas, dan untuk kepentingan pelayanan kepada masyarakat.
  4. Laksanakanlah tugas yang telah dipercayakan kepada saudara, dengan penuh tanggung jawab.

Related Posts

Leave a reply



Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/bkdwebwp/public_html/wp-includes/functions.php on line 5275